“Lho? Kan udah mati..??? kok idup lagi..???”

Lho? Kan udah mati..??? kok idup lagi..???”

[dilontarkan dengan suara cempreng bernada nan tinggi namun berbau culun]

Ini hanyalah salah satu kalimat dalam Film Janji Joni, yang dibintangi si ganteng Nicholas Saputra beberapa tahun lalu. Tepatnya di bagian perkenalan beberapa type penonton yang ada di bioskop.

nggak berniat menyaingi postingan di tetangga, tapi memang ada beberapa kriteria penonton di bioskop. Diantaranya adalah tipe penonton perfeksionis, yaitu orang yang ga mau ada gangguan sedikit pun ketika menonton, baik itu gangguan teknis atau gangguan sekitar. Dia akan amat teliti terhadap detail tiap scene-nya. Tak terlewatkan! Saat itu yang lakoni adalah Surya Saputra.

Yang lainnya ada tipe penonton yang suka “akting” sendiri. Biasanya yang kayak gini juga malah lebih asik ditonton daripada film yang lagi diputer. Dan di situ ditunjukkan oleh adegan kissing Wulan Guritno+Ananda Micola di bangku bioskop.

Nah, yang keluarin kalimat kaya’ yang di atas itu adalah si penonton tipe LEMOT! Alias kagak nyambung plus nyebelin orang-orang di sekitarnya karena sibuk nanya ini-itu pas nonton. Ga tau deh siapa pemerannya.

lha, trus mengapa kalimat itu masih saja teringat hingga sekarang?

Karena memang sempat dipopulerkan–meski hanya sebentar— oleh saya dan teman nonton–waktu itu— dan digunakan secara spontan ketika ada yang terlihat lemot atau hampir sama nyebelinnya menyerupai si tokoh lemot tersebut.

Lantas mengapa kalimat ini diangkat kembali..?

Tak lain dan tak bukan adalah karena tokoh itu kemudian menjelma ke dunia nyata menjadi anak kost-an ku. Ya, nyata!

Bahkan yang ini jauh lebih nyebelin dari pada yang di pilem ntu, karena gak ada culun2nya sama sekali alhasil nyebelin bangettttt….

Huhh…

Mengapa hal ini jadi masalah..? ga penting banget sih loe?

Penting. Ini penting banget.

Sebut saja Jelita, bukan nama sebenarnya. Dan orang ini bener2 udah bikin ketentraman ku di kost jadi terganggu, terutama saat nonton teve. Kenapa sih dia ga berusaha mencerna dulu barang beberapa menit, tayangan yang baru dia liat [meski ada orang yang duluan nonton tuh teve]? Sikapnya yang datang2 langsung membuyarkan konsentrasi yang juga sedang menyimak tayangan tersebut dengan pertanyaan2 yang sebenarnya pasti langsung terjawab oleh sang reporter atau paling tidak masih ada tulisannya di layar teve. Malah kadang-kadang justru karena berondongan pertanyaannya yang ga penting itu kita-kita sering kehilangan informasi yang amat sangat penting dan ditunggu-tunggu. Huh..! Seandainya dia mau menonton atau menyimak barang 1 menit aja [kalau dia emang pengen tau]…

seperti kejadian2 semacam ini…

siapa yang melahirkan?”

Padahal jelas-jelas di layar teve masi ada gambar Anissa Pohan sedang ngelus-ngelus perutnya yang buncit saat diwawancara… jadi anakmuda cuma jawab “tuh orangnya..” sambil nahan nafas yang memburu..

Ih..parah!! demo dimana tuh? Kenapa pada demo?”

Padahal jelas-jelas masih ada tulisan Mahasiswa tolak kenaikan BBM-Makassar dengan ukuran font yang lumayan jelas di teve tua nan bandel itu bahkan untuk nenek-nenek sekalipun. Apalagi dia kan gak ada gangguan mata….. sssstt….baca aja..jelas kok”

ada kebakaran dimana lagi tuh? Di Jogja ya? Daerah mana?”

Dan masih dalam program acara yang sama, tulisannya pun masih ada di layar:

Jakarta,

bahkan sang reporter masih melanjutkan laporannya…….. makanya dengerin dulu…” itu kalo anakmuda lagi latihan nahan emosi..

Lho kok si Cahaya bisa kawin lagi? Emangnya si Satria kemana, Na?”

Sumpah! Gw yakin banget dia nonton kok episode kemarin..! dan terkadang bohong pun jadi senjata: ga tau ah, gw juga baru nyampe nih”

kenapa suaminya korupsi?”

MANALAH AWAK TAU…! EMANGNYA AWAK BININYA?? LO TANYA AJA AMA SI KRISTINA!!!”

Emangnya dia mau gaji gw berapa duit buat jelasin semua acara teve khusus buat dia? Emang dia sesibuk Presiden, yang harus diresumekan segala tayangan penting??

Emang telinganya bermasalah, ampe harus dilaporkan ulang???

Padahal ngakunya mahasiswa kebanggaan dekan di fakultasnya, mahasiswa teraktif, cerdas dan kritis!

Kalo anak kecil suka kritis dan bawel nanya ini-itu emang kadang gemesin sih..dan tandanya tuh anak pinter. Tapi kalo anak seusia dia masih nanya2 hal ga penting–yang sebenarnya bisa didapatin sendiri jawabannya tanpa perlu mengeluarkan energi yang berarti bahkan tanpa perlu keluarin suaranya yang nyaring banget ituapalagi membuat sekelilingnya nahan emosi—itu tandanya punya keterbelakangan kali ya?

Mungkin kalo dia mau menyimak sebentar saja, trus memang bener2 ga ngerti alur berita atau acara, gw bisa dengan sukarela menjelaskan padanya, asal di momen yang tepat.

Dan nyatanya dia ga mau berusaha mencerna barang setengah meniiit saja, dan begitu pertanyaan pertamanya kita jawab, pasti akan diikuti dengan pertanyaan2 selanjutnya.

Tapi sering banget terjadi adalah….. hasil tanya-jawab itu ga penting banget buat dia, apalagi nanyanya sambil bongkar2 isi tasnya [pandang dong, wajah orang sabar ini!!]. jadilah nafsu menonton teve anak2 kost suka mendadak hilang kalo dia nyampe.

Sebenarnya hal kayak gini udah lama banget terjadinya [ya sejak kami berada dalam satu kost lahh]. Dan anakmuda udah sering banget nyuekin tuh orang. Tak jarang malah menjawab dengan yang lumayan nyelekit. Semua anak kost udah males aja njawab pertanyaan2nya. Apalagi kita juga udah pernah complain… jadi tak heran kalo kita ga pernah ngajak dia nonton apa aja ke bioskop..

Tapi kenapa orangnya ga berubaahhhh…??????

OMG! Ternyata banyak sekali jalan untuk mengukur kesabaran ini…

Fiuhhh…

Punya kasus serupa? Tau cara jitu ngadepinnya?? Atau kamu juga masih sodara ama Sang Jelita???

9 responses to this post.

  1. Posted by kai on July 6, 2008 at 05:36

    sabar…
    sabar…

    di belakang baju, siapin pentungan aja..🙂

    Reply

  2. begitulah si LOLA (LOADING LAMBAT)…, terkadang memang menjengkelkan…. tapi cocok buat latihan sabar sebelum menghadapi bulan puasa *kalem*

    Reply

  3. Posted by alex® on July 7, 2008 at 07:48

    Nah, yang keluarin kalimat kaya’ yang di atas itu adalah si penonton tipe LEMOT! Alias kagak nyambung plus nyebelin orang-orang di sekitarnya karena sibuk nanya ini-itu pas nonton. Ga tau deh siapa pemerannya.

    Real name-nya ndak tahu siapa, tapi dia kan pemeran Sasha di serial sitkom O.B. yang di rcti itu. CMIIW.

    Oh yeah… di sitkom itu saja saya juga eneg ngeliat dia. Bukannya nggemesin, tapi nyebelin sih kalo ada cewe yang cupunya udah ndak sepantaran dgn umur😛

    Jadi, untuk kenyinyiran demikian, apa saya kirimi saja arsenik dari sini, Dina?😆

    *ngacir pulkam*😆😆

    Reply

  4. Posted by falltara on July 7, 2008 at 08:46

    @ kai : beli sabar dimana yah..? MAHAL ga kira2.? :p
    @ annots : yang ini lebih kayak dibuat2 kang.. kayaknya seneng bgt jadi perhatian..
    @ alex : beneran ituh sasha?? [klo dia mah gw ngefans..hihi]
    winda Idol tuh.. dulu blom ngeh..secara berapa taon yg lalu ya nontonnya..

    Reply

  5. lucu juga punya temen kaya gitu jiakakakak…

    Reply

  6. emangnya blog ini siapa yang nulis na?

    *cegat ojek

    Reply

  7. Katanya blogger…kok blog nya ngk update2

    Reply

  8. lagi sibuk kali ya.. . . . .

    Reply

  9. Posted by sam on January 27, 2009 at 03:55

    numpang lewat…ituceritanya tentang yg suka nanya-nanya ya? trus dia teman kost2-an?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: